Senin, 02 April 2018

FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM LABORATORIUM

         Manajemen laboratorium ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menggerakkan sekelompok orang, peralatan, fasilitas, serta segala objek fisik lainya yang berada dalam sebuah laboratorium secara efektif dan efisien agar tercapai tujuan serta sasaran tertentu yang diharapkan dari laboratorium tersebut. Prosedur Pengelolaan Laboratorium merupakan serangkaian tindakan yang harus dilakukan oleh pengelola laboratorium agar dapat menjamin mutu dari laboratorium dan aktivitas didalam laboratorium bisa dilaksanakan dengan baik. Prosedur pengelolaan laboratorium merupakan semua langkah yang harus dilakukan oleh pengelola laboratorium agar laboratorium yang dikelolanya bermutu bagus. Langkah-langkahnya meliputi, perncanaan, pelaksanaan, pengendalian, serta penyempurnaan (P4). Tindakan tersebut dapat meliputi perencanaan, penataan dan organisasi, pengadministrasian dan pengamanan, perawatan serta pengawasan. 

1.Perencanaan
Perencanaan laboratorium pemikiran yang sistematis, analitis, logis tentang semua kegiatan yang harus dilakukan, langkah-langkah, metode, sdm, tenaga, serta dana yang dibutuhkan agar mencapai tujuan yang diharapkan dari laboratorium.
Kegiatan yang dilakukan dalam fungsi perencanaan untuk laboratorium sekolah antara lain:
·         Menyusun tujuan serta target yang diharapkan dari laboratorium.
·         Membuat rancangan strategi untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan.
·         Membuat daftar sumber daya yang diperlukan.
·         Membuat standar keberhasilan dalam proses pencapaian tujuan sekolah.
Untuk membuat perencanaan yang baik dan matang, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi, yaitu:
·         Tujuan jelas dan gamblang.
·         Mungkin untuk dilaksanakan.
·         Mencantumkan analisis bidang kerja yang akan dilakukan.
·         Tidak kaku dan fleksibel sesuai perkembangan kebutuhan laboratorium sekolah.
·         Setiap rencana mempunyai keseimbangan antara tanggung jawab dan tujuan yang hendak dicapai.
·         Rencana dibuat dengan efektif dan bermanfaat bagi sekolah.
Fungsi perencanaan akan memberikan manfaat berupa:
·         Efektivitas dalam kinerja sekolah.
·         Meminimalisir risiko kesalahan dalam pengambilan keputusan.
·         Mudah untuk melakukan pengawasan dalam laboratorium.
·         Penting untuk menjadi patokan dalam pelaksanaan kerja di laboratorium.

2. Penataan dan organisasi

Kegiatan yang dilakukan dalam fungsi penataan dan organisasi ini mencakup:
·         Pengalokasian sumber daya termasuk penyusunan dan penetapan prosedur.
·         Penataan alat dan bahan merupakan suatu proses pengaturan alat ataupun bahan di laboratorium agar tertata dengan baik dan bila membutuhkannya kita dapat mencarinya dengan mudah.
·         Pembentukkan struktur yang menunjukkan detail kewenangan.
·         Proses rekutmen, melakukan seleksi, hingga pelatihan dan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia yang dibutuhkan.
·         Pemetaan petugas pada bagian dan bidang yang pas.
Terdapat tiga unsur penting yang menjadi bagian dari fungsi organisasi. Pertama adalah sumber daya manusia untuk dikelola. Unsur kedua merupakan rangkaian kegiatan yang telah direncanakan oleh organisasi, sedangkan yang ketiga adalah pengarahan aktivitas untuk memenuhi target.
Dengan menerapkan pengorganisasian yang matang, manajemen akan memperoleh manfaat sebagai berikut:
·         Pemetaan bidang kerja yang jelas.
·         petugas tidak akan mengalami kebingungan dalam menjalankan pekerjaan, karena telah memahami tugasnya.
·         Proses pembagian tugas tidak kaku, melainkan dapat dibuat sesuai dengan kondisi laboratorium.

3.Pengadministrasian laboratorium
Merupakan suatu proses pencatatan ataupun investarisasi fasilitas serta aktifitas laboratorium. Dengan pengadministrasian yang tepat maka semua fasilitas serta aktifitas laboratorium dapat teroganisi dengan sistmatis. Kegiatan administrasi merupakan kegiatan rutin yang berkesinambungan, karena itu perlu dipersiapkan dan dilakukan dengan baik dan teratur
Administrasi laboratorium meliputi segala kegiatan administrasi yang ada di laboratorium, yang antara lain terdiri atas :
a.       Inventarisasi peralatan laboratorium yang ada.
b.      Daftar kebutuhan alat baru, atau alat tambahan, alat-alat yang rusak, dan atau alat-alat yang dipinjam/dikembalikan.
c.       Keluar masuk surat menyurat.
d.      Daftar pemakaian laboratorium, sesuai dengan jadwal kegiatan praktikum / percobaan yang ada.
e.       Daftar inventarisasi bahan-bahan kimia (chemikalia) dan non kimia (non chemikalia), bahan-bahan gelas dan sebagainya.
f.       Daftar penerimaan barang serta  daftar pembelian barang.
g.      Daftar inventaris alat –alat mebelair (kursi, meja, bangku, lemari, dsb).
h.      Sistem evaluasi dan pelaporan.

Untuk memudahkan pemeriksaan alat dan bahan laboratorium perlu dilakukan inventarisasi yang sistematik. Inventarisasi ini dapat dibuat pada suatu  buku atau secara komputasi sebagai daftar induk. Hal-hal yang umum diperlukan pada inventarisasai mencakup:
1.  Kode Alat/bahan
2.  Nama alat/bahan
3.  Spesifikasi alat/bahan (Merk, tipe,  dan pabrik pembuat alat)
4.  Sumber pemberi alat dan tahun pengadaannya
5.  Tahun penggunaan
6.  Jumlah atau  kuantitas
7.  Kondisi alat, baik atau rusak

4.Pengamanan, perawatan, serta pengawasan.
Prosedur pengamanan diperlukan untuk mengidentifkasi bahan-bahan mana yang berbahaya dan perlu penanganan dengan hati-hati, dan bahaya apa yang mungkin dapat ditimbulkan oleh suatu eksperimen. Hal-hal yang berbahaya tersebut antara lain adalah:

1. Luka, yang mungkin disebabkan oleh benda yang tajam, pecahan kaca, atau luka bakar
2. Tertelan zat yang beracun
3. Pingsan disebabkan karena menghirup gas yang beracun
4. Terkena kejutan listrik 
5. kebakaran, yang disebabkan oleh hasil percobaan atau sebab yang lain.

Perawatan peralatan merupakan bagian dari kegiatan pengelolaan laboratorium yang paling penting dilakukan untuk menjaga agar peralatan laboratorium dapat digunakan sesuai dengan batas usia pakainya. Kegiatan memelihara dan merawatperalatan laboratorium dapat meliputi kegiatan membersihkan peralatan, memperbaiki bagian-bagian alat yang rusak, mengganti bagian alat yang hilang  dan menyimpan alat sesuai dengan daftar inventaris .
Kegiatan perawatan itu sebaiknya dijadwalkan dan dicatat sehingga dapat memberikan informasi tentang riwayat alat sejak dari pembelian , pamakaian, pemeliharaan sampai habis usia pakainya.

Dalam sebuah laboratorium, pengamanan merupakan komponen penting yang diperlukan untuk menjaga mutu. Suatu laboratorium harus didesain agar selalu terjaga efektifitas serta efisiensi kerja didalamnya.  Bahaya atau kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium dapat dihilangkan atau dikurangi jika fasilitas laboratorium mencukupi kebutuhan, misalnya:
1. laboratorium cukup luas atau tidak sempit agar tidak berdesakan di dalamnya,
2. terdapat lorong-lorong yang cukup lebarnya untuk lalu lalang para pekerja di laboratorium,
3. ventilasi cukup, sirkulasi udara baik,
4. paling tidak mempunyai dua buah pintu keluar dan dapat dikunci dengan baik,
5. pipa air, pipa gas, dan kabel listrik dalam keadaan baik dan teratur pemasangannya,
6. menggunakan kabel listrik yang besarnya sesuai dengan arus yang melaluinya,
7. stop kontak tidak tersembunyi dan mudah diraih,
8. tersedianya fasilitas air yang cukup dalam laboratorium,
9. tersedianya tempat yang cukup untuk menyimpan alat dan bahan,
10. tersedianya kotak P3K,
11. Alat atau bahan untuk memadamkan kebakaran.

Dari uraian diatas, ada beberapa pertanyaan yang menurut penulis perlu didiskusikan;
1. Bagaimanakah gambaran ideal suatu laboratorium IPA di Sekolah?
2. Sudahkah fungsi-fungsi manajemen laboratorium terlaksana dengan baik di sekolah?
3. Apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan fungsi laboratorium IPA di Sekolah?
 Terima kasih.

17 komentar:

  1. Menanggapi soal no 2.
    Menurut saya, mungkin sebagian ada yang sudah dan ada yang belum. Tergantung dari masing masing sekolah.

    Dan pada kebanyakan sekolah, apalagi sekolah sekolah yang berada di daerah daerah pelosok, fungsi manajemen lab masih belum terlaksana dengan baik.

    BalasHapus
  2. terima kasih.... soal nomor 2. Sudahkah fungsi-fungsi manajemen laboratorium terlaksana dengan baik di sekolah?
    dari pengalaman saya, ada banyak sekolah yang tidak melakasanakan manajemen lab dengan baik, bahkan tidak terlaksana.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr wb
    Saya menanggapi no 2.
    Seperti kita lihat di sekitar kita..tidak semua sekolah mempunyai laboratorium, bagi sekolah yg sudah memiliki labor belum belum sepenuh nya melaksanakan fungsi dari menejemen labor.sepertinya harus melakukan pembinaan supaya labor tersebut bisa dimamfaatkan secara baik dan efektif.
    Terima kasih

    BalasHapus
  4. saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 2. Sudahkah fungsi-fungsi manajemen laboratorium terlaksana dengan baik di sekolah?

    menurut saya belum terlaksana dgn baik, karna masih ada sekolah yg tidak mempunyai laboratorium, jika sekolah tersebut mempunyai labor, penggunaan labor tersebutpun tidak efektif. terimakasih ^_^

    BalasHapus
  5. menanggapi soal nomor 3 hal-hal yang diperlukan untuk meningkatkan manajemen fungsi laboratorium adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang baik, sarana dan prasarana dan penggunaan laboratorium yang sesuai dengan standar manajemen mutu. Dengan harapan manajemen fungsi pun dapat terlaksana sesuai harapan

    BalasHapus
  6. Apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan fungsi laboratorium IPA di Sekolah?
    secara garis besar untuk meningkatkan fungsi laboratorium disekolah adalah :

    1. Memberikan kelengkapan bagi pelajaran teori yang telah diterima sehingga antara teori dan praktik bukan merupakan dua hal yang terpisah. Keduanya saling kaji-mengkaji dan saling mencari dasar.
    2. Memberikan keterampilan kerja ilmiah bagi mahasiswa/siswa.
    3. Memberikan dan memupuk keberanian untuk mencari hakikat kebenaran ilmiah dari sesuatu obyek dalam lingkungan alam dan lingkungan sosial.
    4. Menambah keterampilan dalam menggunakan alat dan media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran.
    5. sikap ilmiah seorang calon ilmuwan.

    BalasHapus
  7. menanggapi pertanyaan no 2
    Menurut pengalama saya fungsi-fungsi manajemen laboratorium belum seutuhnya terlaksana dengan baik di sekolah-sekolah. Apalagi disekolah yang terbatas akan sarana dan prasarana bahkan ada beberapa sekolah yang belum mempunyai laboratorium dan kalau[un mempunyai fasilitas laboratorium tetapi tidak dijalankan sesuai fungsinya.

    BalasHapus
  8. Menanggapi pertanyaan nomor 2 yaitu: Sudahkah fungsi-fungsi manajemen laboratorium terlaksana dengan baik di sekolah?
    fungsi-fungsi manajemen laboratorium sudah terlaksana dengan baik di sekolah, namun yang menjadi pertimbangan apakah sudah berstandar Oprasional Laboratorium atau belum. Tentunya semua Instansi berharap bisa maksimal dalam menjalankan aktifitasnya, baik akademis di kelas ataupun Pada Laboratorium.

    Salam
    Agung Laksono

    BalasHapus
  9. Menanggapi pertanyaan nomor 1 Laboratorium yang ideal merupakan laboratorium yang mampu memenuhi kebutuhan siswa misalkan pada mata pelajaran IPA di SMP dengan dilengkapi peralatan yang memadai untuk melaksanakan praktikum,
    Tata ruang yang nyaman
    Safety
    Keterjangkauan
    Memiliki program, visi dan misi ke depan yang baik dan terjamin mutu dan kualitasnya, Memilik badan yang siap bertanggung jawab atas keberadaan laboratorium, dan memiliki alat2 tanggap darurat jika sekiranya terjadi kecelakaan

    BalasHapus
  10. Menanggapi pertanyaan pertama Bagaimanakah gambaran ideal suatu laboratorium IPA di Sekolah? Menurut saya laboratirium yg ideal pertama dilihat dari Tata ruang, Alat yang baik dan terkalibrasi, Infrastruktur, Administrasi laboratorium,Organisasi laboratorium,Fasilitas pendanaan,Inventarisasi dan keamanan,Pengamanan laboratorium yang baik,Disiplin yang tinggi,Keterampilan SDM,Peraturan dasar SOP,Penanganan masalah, dll. Semuanya harus terpenuhi. Maka itulah gambaran lab ideal disebuah sekolah. Yg tentunya dikelola dan digunakan dengan efektif.

    BalasHapus
  11. Menurut pendapat saya untuk meningkatkan fungsi laboratorium IPA di Sekolah adalah dengan memaksimalkan pelaksanaan praktikum-praktikum yang berada di sekolah dengan tersedianya alat dan bahan

    BalasHapus
  12. Apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan fungsi laboratorium IPA di Sekolah ?
    bisa dilakukan dengan meningkatkan mutu tenaga labor tersebut.

    BalasHapus
  13. Menanggapi pertanyaan nomor 2, Sudahkah fungsi-fungsi manajemen laboratorium terlaksana dengan baik di sekolah?
    belum, fungsi manajemen laboratorium belum terlaksana dengan baik di sebagian sekolah, seperti sekolah-sekolah swasta yang baru berdiri, sekolah yang berada di daerah-daerah terpencil. namun fungsi manajemen laboratorium sudah terlaksana dengan baik di sekolah-sekolah yang berstandar nasional atau sekolah-sekolah yang telah terakreditasi dengan nilai akreditasi yang lebih bagus.

    BalasHapus
  14. 3. Apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan fungsi laboratorium IPA di Sekolah?
    menurut pendapat saaya yang perlu dilakukan melakukan manajemen dan pengelolaan dengan baik.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum,
    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan nomr 1,
    Gambaran ideal laboratorium ipa di sekolah ialah, terpenuhinya alat dan bahan praktikum di labor tersebut di setiap pelajaran IPA. Serta berjalan dengan lancar setiap kegiatan pada laboratorium sebagaimana yang telah di rencanakan.
    Jika mampu, memiliki peralatan dan perlengkapan yang berstandar dengan manajemen yang berstandar pula.

    BalasHapus
  16. Menanggap soal nomor 3...menurut saya adapun yang perlu dilakukan untuk meningkatkan fungsi laboratorium IPA di Sekolah adalah Penambahan peralatan dan bahan laboratorium, Pemenuhan standar tenaga laboratorium,Pengelolaan laboratorium secara professional dan pengawasan serta evaluasi secara menyeluruh

    BalasHapus
  17. menanggapi pertanyaan No 2 Sudahkah fungsi-fungsi manajemen laboratorium terlaksana dengan baik di sekolah?
    kalau menurut saya belum terlaksana dengan baik mengapa saya katakan demikian berdasarkan pengamatan saya beberapa fungsi didalam manajemen tersebut tidak dilaksanakan dengan baik dan fokus.....

    BalasHapus

PEMUSNAHAN ALAT TIDAK TERPAKAI

Laboratorium yang baik adalah laboratorium yang tidak hanya memperhatikan masalah ketelitian analisa saja. Akan tetapi  laboratorium  yan...